Slide Show Postingan

19 Oktober 2013

Pembelajaran Qurban 1434 H


INDAHNYA IDUL ADHA
BARENG IRM-NYA SMANSA

            Ciamis, Ikatan Remaja Mesjid Al-Kautsar yang di dukung oleh lembaga SMA Negeri 1 Ciamis  menggelar kegiatan Pembelajaran Qurban, Rabu 16 oktober 2013  tepatnya pada 11 Dzulhizah 1434 H. Kegiatan ini memang rutin dilaksanakan tiap tahunnya dan selalu di panitiai oleh Ikatan Remaja Mesjid AL-Kautsar. Kegiatan yang bernama Pembelajaran Qurban merupakan donasi dari siswa SMA Negeri 1 Ciamis yang diberikan dengan ikhlas. Antusiasme dari para siswa akan ke ingin tahuannya pelaksanaan Qurban membuat kesan tersendiri dalam pelaksanaanya.
            “Alhamdulillah setelah mempersiapkan dari jauh-jauh hari kegiatan Pembelajaran Qurban ini telah berlangsung dengan lancar sesuai dengan harapan. Semoga dengan adanya kegiatan Pembelajaran Qurban ini kita semua tahu bagaimana teknis pelaksanaan qurban dan mengaktifkan peran pemuda-pemudi dalam kegiatan di hari raya umat muslim. Untuk tahun depannya semoga bisa lebih gebyar lagi dan lebih banyak lagi hewan kurban yang di kurbankan”. sahut Ketua Pelaksana kegiatan Pembelajaran Qurban 1434 H, Edwin Budi Setiawan. “Sungguh ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi seluruh siswa SMA Negeri 1 Ciamis” dalam sambutannya bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Ciamis Drs. Wawan Haryawan, M.Pd.
            Penyembelihan hewan qurban yang berupa satu ekor sapi ini dimulai pukul 08.00 WIB. Seluruh siswa SMA Negeri 1 Ciamis berkumpul di lapangan sekolah dimana tempak pelaksanaan penyembelihan hewan qurban itu sendiri. Banyak siswa yang penasaran dan ingin tahu betul bagaimana proses penyembelihan hewan  qurban. Panitia dari IRM pun sama antusiasnya ingin tahu penyembelihan hewan qurban itu  sendiri terutama kelas X yang merupakan siswa-siswa baru.
            Setelah penyembelihan lalu sapi tersebut dikuliti dan diambil dagingnya serta diambil ususnya untuk di cuci terlebih dahulu selanjutnya di rebus agar mudah dipotong. Inilah tugas maha dahsyat bagi pencuci usus dimana bau yang begitu menusuk dari ususnya yang bikin sensasi tersendiri bagi para petugas dan panitia. Seperti biasa kelas XI yang kamarinnya di kelas X berada di posisi ini, kembali ditugaskan untuk mengkordinasikan ade kelasnya supaya dalam pencucian usunya bersih. Dan selalu didampingi oleh penjaga sekolah yang membantu dalam pencucian  usus ini.
            Daging yang dipotong besar lalu ditimbang terlebih dahulu supaya mendapatkan hasil yang akurat untuk dibagikan ke seluruh warga SMA Negeri 1 Ciamis dengan merata. Daging yang dipotong besar ini kembali dipotong ke petugas pengiris daging. Inilah tugas dari akhwat kelas X. Mereka yang telah menunggu dari pagi akhirnya dapat pula melaksanakan tugasnya di pukul 08.40 WIB. Daging yang diris ini pula ditimbang kembali. Nah daging sapi ini dibagikan kepada warga SMA N 1 Ciamis diantaranya ke kelas, bapa-ibu gurur serta STAF TU, penjaga sekolah, serta masyarakat yang berada disekitaran SMA 1 Ciamis.
            Sapi yang sudah dipotong ini sebagian di berikan ke IRM untuk dipasak dan di konsumsi bersama oleh seluruh panitia Pembelajaran Qurban. Inilah  momen yang paling didambakan yang nantinya dikangenin banget. Begitu selesai panitia biasanya membereskan kembali dan foto-foto bersama.       Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan silaturahmi warga SMA Negeri 1 Ciamis serta dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT.  Sampai jumpa kembali di Pembelajaran Qurban 1435 H bersama IRM AL-Kautsar.









































    

Tidak ada komentar: